Tisu Basah atau Sabun? Mana yang Lebih Efektif?

wipe1

Tisu basah sekali pakai yang mengandung antibakteri sangat populer. Selain mudah dibawa dan digunakan ke mana-mana, tisu ini juga praktis karena menghilangkan kuman tanpa perlu menggunakan air dan sabun. Apalagi jenis yang memiliki pewangi.

Tisu basah ini bukan hanya dipakai para ibu untuk membersihkan popok atau tangan bayi mereka, di rumah sakit tisu basah seperti ini juga sering dipakai untuk membersihkan permukaan.

wip2

Walau begitu, tisu basah yang diklaim mengandung antibakteri pun ternyata tidak efektif menyingkirkan kuman. Malah, menurut studi dari Wales, penggunaan tisu basah di rumah sakit akan menyebarkan bakteri berbahaya, termasuk MRSA. Dalam penelitian di laboratorium, para peneliti dari Cardiff University’s School of Pharmacy and Pahrmaceutical Science menguji 7 jenis tisu basah yang sering dipakai dan menemukan bahwa kemampuan tisu ini dalam menghilangkan MRSA setelah 10 detik kurang optimal. Faktanya, penggunaan tisu basah tersebut malah memindahkan bakteri ke permukaan lainnya.

5 Penjara Terbaik dan Ternyaman Di Dunia

Malah mencuci tangan di awah air mengalir dengan sabun menimbulkan efek yang berlawanan. Sabun dapat berperan sebagai emulgator (Pengemulsi). Pada proses pembentukan emulsi ini, bagian hidrofob sabun masuk ke dalam lemak sedangkan ujung yang bermuatan negatif ada di bagian luar. Oleh karena adanya gaya tolak menolak antara muatan listrik negatif ini maka kotoran akan terpecah menjadi partikel-partikel kecil dan membentuk emulsi lalu kotoran akan mudah terlepas dari tangan. Tak hanya itu mikroba-mikroba yang ada di tangan akan ikut terlepas dan terperangkap dalam busa sabun lalu mikroba dan kotoran-kotoran yang ada di tangan kita hilang setelah dibilas air.

wipe3

Jadi, meskipun cuci tangan dengan sabun terkesan kuno, cara ini sebenarnya lebih efektif untuk menjaga kebersihan pribadi.

This post has already been read 206 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *