Masa Perkembangan Janin dalam Kandungan

Saat hamil, janin yang ada dalam kandungan akan mengalami fase perkembangan. Fase itu yang sering disebut sebagai fase perkembangan janin. Fase ini menjadi fase yang sangat penting dalam keluarga. Fase ini menunjukkan perkembangan pembentukan janin menjadi sebuah bayi yang utuh dan sehat. Tidak heran jika seorang ibu hamil selalu mendapatkan perhatian khusus saat mengalami fase perkembangan bagi janin.

Pada fase awal, yaitu fase tiga bulan, janin mulai terbentuk perlahan. Pada fase ini janin belum kuat benar. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan bahkan diwajibkan tidak melakukan aktivitas yang berat. Beberapa suami juga ada yang melarang istrinya untuk bekerja, begitu pula dengan orangtua yang akan menjadi calon nenek. Hal itu karena pada fase awal perkembangan janin bayi belum kuat benar.

perkembangan janin

Jika si ibu hamil terlalu banyak kegiatan, kecapekan, dan mengalami stres pikiran, janin yang sedang dikandung justru akan mudah mengalami keguguran. Tidak ada seorang pun yang menginginkan bakal anaknya mati dalam proses pembentukan janin. Untuk menghindari terjadinya keguguran, si ibu hamil disarankan untuk mulai mengurangi beban kerja dan pikiran dalam fase awal perkembangan janin.

perkembangan janin

Fase kedua, yaitu pada bulan keempat hingga bulan keenam. Pada fase ini, ibu hamil diberi asupan gizi yang sangat bernutrisi. Pada fase ini janin sudah mulai membentuk organ-organ tubuh penting seperti otak, mata, dan hidung.

perkembangan janin

Jenis kelamin bayi pun sudah dapat dideteksi melalui USG saat periksa ke dokter kandungan. Setiap orangtua ingin anaknya menjadi anak yang sehat dan pintar. Ibu hamil pun selalu diberi asupan gizi yang memadai pada fase kedua perkembangan janin.

perkembangan janin

Fase ketiga adalah fase tiga bulan terakhir sebelum bayi keluar dari kandungan. Selain diberi asupan gizi yang sehat, ibu hamil pun diberi latihan olahraga ringan. Olahraga ini akan membuat tubuh ibu hamil menjadi sehat dan lebih siap saat proses persalinan nanti.

perkembangan janin

Olahraga yang dilakukan pada fase terakhir perkembangan janin ini tidak terlalu berat. Biasanya yoga menjadi alternatif olahraga yang menyenangkan pada fase terakhir perkembangan janin.

This post has already been read 1923 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *